UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu Dukung Peluncuran Film Edukasi Pencegahan Pungli

  • Bagikan
IST

KABARPANTURA.id – Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Indramayu bersama dengan perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu mengikuti rapat persiapan peluncuran film berjudul ‘Hantu Sekolah’ yang digagas oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat.

Berlangsung secara daring, Kamis (4/7/2024), rapat persiapan tersebut dipimpin oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat Kombes Pol Kalingga Rendra Raharja serta diikuti oleh seluruh UPP Saber Pungli dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat.

Dalam arahannya Kalingga menyebut, Hantu Sekolah merupakan film edukasi yang menjadi media dalam menyosialisasikan terkait pencegahan terhadap pungutan liar yang dilakukan oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, momen peluncuran film yang dilakukan pada 6 Juli 2024 mendatang dan juga bertepatan dengan berlangsungnya masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga merupakan bentuk komitmen seluruh UPP Saber Pungli baik itu tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam mewujudkan PPDB yang aman, lancar, kondusif serta sesuai dengan regulasi yang ada dan tentunya bebas dari pungli.

Bahkan, Kalingga juga menugaskan kepala UPP Saber Pungli kabupaten/kota untuk mendirikan posko di beberapa sekolah saat proses pengumuman kelulusan dan daftar ulang PPDB.

“Kami terus berupaya menyosialisasikan terkait pencegahan pungli sehingga masyarakat dapat terhindar dari pungli serta bila menemukan adanya pungli masyarakat tidak segan untuk melaporkan kepada pihak terkait bila ada pungutan dan sejenisnya yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Penguatan terhadap upaya pencegahan akan terus kami lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu Kompol Ryan Faisal melalui Ketua Posko UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu AKP Nandang Supriatna mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan adanya peluncuran tersebut. Menurutnya dengan adanya film tersebut, memiliki pesan tersendiri bagi para audiens untuk lebih waspada terhadap terjadinya pungli.

Kemudian dikatakan Nandang, UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu akan terus mendukung dan melaksanakan arahan serta upaya yang dilakukan Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat guna mencegah terjadinya pungli khususnya di Kabupaten Indramayu.

“Upaya pencegahan pungli akan terus kami lakukan, sehingga masyarakat dapat terhindar dari pungli,” ujarnya. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan