Sri Indrawati: Keluarga Berkualitas Dibentuk dari Perkawinan yang Sah

  • Bagikan

P3AP2KB Lelea, Gelar Penyuluhan Kampung KB di Desa Pengauban

KABARPANTURA.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kecamatan Lelea melaksanakan lokakarya Kampung KB, di Desa Pengauban Kecamatan Lelea Kab. Indramayu, Senin (2/11/2020).

Ketua PLKB Tingkat Kecamatan Lelea Hj. Sri Indrawati, SST mengatakan   tujuan kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan pelaksanaan program dan kegiatan yang terintegrasi.

Diantaranya, melalui Kampung KB serta penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang terintegrasi dengan pembangunan sektor lainnya.

Dengan adanya kampung KB, diharapkan dapat merubah pola pikir dan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik.

Dikatakan, pola pikir dan perilaku yang baik akan menciptakan manusia produktif.

“Hal ini merujuk pengertian KB menurut Undang Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga,” ujarnya.

Regulasi tersebut mengatur kelahiran anak, jarak dan usia melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi serta perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Menurutnya, keluarga berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sri yang saat itu juga bertindak sebagai narasumber memberikan materi terhadap Kader KB di Desa Pengauban.

Dengan mendekatkan pelayanan program KKBPK/ bangga kencana dan program penguatan 8 fungsi keluarga

partisipasi masyarakat pembangunan yang terintegrasi lintas sektor.

“Karena, untuk pembangunan tidak hanya pembangunan sektor ekonomi saja. Namun, dimulai dari sektor KB. Itu, merupakan hal yang sangat fundamental,” imbuh Sri.

Pada kesempatan yang sama, Tim Penggerak PKK Desa Pengauban Ny. Darni menyampaikan apresiasi pemerintah dan masyarakat Desa Pengauban atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Desa Pengauban mendukung program ini. Dan bagi para peserta penyuluhan agar dapat mengikuti acara ini dengan tuntas sehingga dapat melaksanakan tugasnya nanti dengan baik,” ujarnya.(Idi S. Rifai)***

 

 

  • Bagikan