Pupuk Subsidi Dijual Diatas HET, Dikabarkan Kios Milik Anggota DPRD Indramayu

  • Bagikan
Foto Istimewa*

KABARPANTURA.id – Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju Desa Kedungdawa Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu yang dikabarkan milik anggota DPRD Kabupaten Indramayu, disinyalir menjual pupuk bersubsidi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Hal itu diungkapkan inisial PRD salah seorang petani di Desa Kedungdawa Kecamatan Gabuswetan.

Ia menjelaskan harga pupuk subsidi di Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju per 100 kilo gram jenis urea Rp 260 ribu, untuk Phonska Rp 270 ribu per 100 kilo gram.

“Harga pupuk urea di Kios Tani Agro Sae itu Rp 260 ribu per 100 kilogram dan kalau Phonska Rp 270 ribu per 100 kilo gram,” ungkap PRD di Desa Kedungdawa, Sabtu (8/6/2024).

Terkait adanya dugaan Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju yang diduga milik anggota DPRD Kabupaten Indramayu yang menjual pupuk bersubsidi diatas HET dibenarkan oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sumberjaya Kecamatan Kroya, Iskandar.

“Iya saya yang menyalurkan pupuk bersubsidi ke petani Desa Sumberjaya dari Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju Desa Kedungdawa, milik anggota DPRD Kab Indramayu,” kata dia.

“Harga dari Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju untuk pupuk bersubsidi jenis Urea Rp 250 ribu per 100 kilo gram kalau jenis Phonska Rp. 260 ribu per 100 kilo gram,” jelas Ketua Gapoktan Desa Sumberjaya, Iskandar.

Kata dia, untuk transport dan orang kerja bongkar muatnya dibebankan kepadanya.

“Kita mencari keuntungan sendiri, karena dari Kios Tani Kedungdawa milik Pak Dewan, H. Dullah tidak dikasih ongkos angkut dan muat bongkar pupuk subsidi itu,” tandasnya.

Sementara, saat diminta waktunya untuk konfirmasi terkait pendistribusian pupuk subsidi di Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju Desa Kedungdawa, anggota DPRD Kabupaten Indramayu, H. Dullah mengarahkan wartawan konfirmasi ke pengelola Kios Tani.

“Ke anak-anak kios yang menangani saja. Ada Masalah apa memangnya?,” kata dia.

“Saya ngga nangani pupuk,” kata pemilik Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju Desa Kedungdawa, anggota DPRD Kabupaten Indramayu, H. Dullah via WhatsApp.

Ketika dikonfirmasi yang menangani penyaluran pupuk bersubsidi di Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju, Ratna mengakui bahwa harga pupuk subsidi jenis Urea Rp 250 ribu per 100 kilogram dan Phonska Rp 260 ribu per 100 kilogram.

“Iya benar kita menjual pupuk bersubsidi jenis Urea Rp.
250 ribu per 100 kilogram, untuk Phonska Rp 260 ribu per 100 kilo gram melalui Ketua Gapoktan Desa Sumberjaya, Iskandar untuk Kios Tani Harapan Maju,” ujar dia.

“Benar, 1 (satu) Kios ini, nama nya ada 2 (dua) Kios Tani penyalur resmi pupuk bersubsidi, Kios Tani Agro Sae dan Harapan Maju,” katanya.

“Soal harga kita hanya menjalankan instruksi dari yang punya Kios ini, iya pemiliknya Pak Dewan, H. Dullah,” kata Ratna. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan