PPS Satria Muda Indonesia, Irpangi: Bela Diri Bentuk Karakter Siswa

  • Bagikan

KABARPANTURA.ID – Perguruan Pencak Silat (PPS) Satria Muda Indonesia menggelar latihan yang dimulai dengan teknik dasar pada Minggu (18/10/2020), di halaman Kampus Putih Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Terpantau, latihan diikuti peserta mulai dari jenjang tingkat SMP, SLTA, SMK hingga perguruan tinggi.

“Pelatihan beladiri tersebut untuk pemantapan. Teknik- teknik tertentu dalam beladiri sangat mungkin dilakukan untuk ketahanan tubuh,” kata Instruktur, Irpangi.

Pelatihan seni bela diri tersebut, diikuti santri Miftahul Huda dibawah naungan Yayasan Yabujah.

“Bela diri merupakan kesenian, bagaimana caranya seseorang mempertahankan diri sendiri atau membela diri,” ujarnya.

Dikatakan, bela diri sangat penting diperkenalkan sejak dini.

Karena beladiri juga selain dapat berguna sebagai bekal perlindungan diri, juga bisa dijadikan sebagai wadah pembentukan karakter siswa dalam membangun sikap dan mental positif.

“Beladiri ini sangat penting sekali untuk diperkenalkan kepada peserta didik di lingkungan Yayasan Yabujah. Beladiri selain dapat berguna sebagai bekal perlindungan diri, membentuk karakter dan membangun sikap dan mental positif,” ucapnya.

Sehingganya, ketika sudah dapat menguasai ilmu beladiri, maka sikap kedisiplinan ajan semakin kuat.

Sementara, KH. Abas Assafah AD selaku Ketua Yayasan Yabujah mengapresiasi atas aktifnya kegiatan ektrakurikuler beladiri itu.

Ia berharap semua pihak bisa memanfaatkan kesempatan latihan sebagai upaya melatih keseimbangan diri.

“Ini sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh kita semua. Jadi, kalau kita mau sehat, caranya kita harus banyak berolah raga. Salah satunya seperti latihan beladiri ini,” ujarnya. (Idi. S)***

  • Bagikan