Pandemi tak Berpengaruh, Panen Raya Gunung Picung Melimpah

  • Bagikan

KABARPANTURA.ID – Hamparan padi yang terbentang luas di lahan Desa Dukuh Picung, Kec. Lauragung memberikan angurah bagi para petani dengan hasil yang melimpah. Tiba waktunya pelaksanaaan Panen Raya yang dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH.

Kepala Desa Dukuh Picung, H. Irianto mengatakan, kami bersyukur Desa Dukuh Picung diberikannya anugrah dengan mememiliki luas lahan pesawahan seluas 73 ha. Dan hari ini bisa melaksanakan panen raya dengan hasil yang melimpah.

Ia berharap kedepan dapat meningkatkan produkifitas hasil panen bisa dilakuan tiga kali setahun. Untuk mendukung hasil tersebut dibutuhkan saluran irigasi yang lancar, dalam pelaksanaan pemerintah provinsi maupun daerah dapat membantu untuk pengadaan pompa air besar yang dapat menarik air dari Sungai Cisanggarung dan bantuan traktor.

Bupati Kuningan menuturkan, panen raya ini merupakan wujud syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah. Bupati berharap hasil panen padi petani bisa mendukung program swasembada pangan yang digalakkan oleh pemerintah.

Perihal permasalahan yang dihadapi para petani setempat, Bupati akan segera membantu untuk merealisasikannya penyediaan pompa air, traktor, pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT). Sehingga hasil panen bisa meningkat tiga kali bahkan lebih, tentunya hal ini juga perlu adanya kerjasama inovasi dengan para penyuluh dalam pola penanaman, pembibitan, pemupukan yang berimbang, dan pemeliharaan.

“Dengan luas lahan persawahan yang dimiliki Desa Dukuh Picung ini ada sebagian yang dapat ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan. Dan bisa dipertahankan agar lahan pertanian ini jangan sampai beralih fungsi,” katanya, Kamis (3/6/2021).

Sementara Kepala Bidang Bina Desa Dinas DPMD Provinsi Jabar, Asep Nandang Rasadi, SIP. mengatakan, ketersediaan pangan sangat dibutuhkan dalam kebutuhan hidup ini. Untuk bertani ini harus mengkolaborasikan penggunaan teknologi sebagai upaya peningkatan produktifitas. Menjadi petani juga harus bisa menjadi pilihan di masa sekarang, terlebih lagi sektor pertanian menyumbangkan peningkatan Produk Domestik Bruto (BDB).

Hadir juga Unsur Musfika, Kepala Desa se-Kec. Luragung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Kuningan, para penyuluh, para petani/kelompok tani dan lainnya.

 

  • Bagikan