Langkah Strategis dalam Pelestarian Lingkungan, Bupati Nina Agustina Tanam Mangrove

  • Bagikan
Bupati Indramayu, Nina Agustina

KABARPANTURA.id — Mangrove merupakan tanaman yang dapat melindungi garis pantai dari aberasi atau pengikisan. Selain itu mangrove juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar yang berada di pantai.

Pentingnya mangrove sebagai penjaga lingkungan ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama dengan Kodim 0616 Indramayu dan PT. PNM untuk melaksanakan penanaman ribuan pohon mangrove di Pantai Sumbermas Kecamatan Kandanghaur, Jum’at (17/5/2024).

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, dengan tanam mangrove ini diharapkan dapat melestarikan kembali beberapa lokasi pantai yang sudah mulai terkena dampak aberasi. Mangrove yang tumbuh subur ini diharapkan menjadi perisai atau penahan aberasi sehingga menyelamatkan daratan yang berada di dekat pantai.

Nina menambahkan, geografis Kabupaten Indramayu dengan panjang garis pantai mencapai 147 kilometer mempunyai lahan hutan mangrove yang cukup luas. Dengan potensi ini, maka kawasan mangrove harus benar-benar dijaga dan dikembangkan.

Selain dapat mengendalikan aberasi dan menyerap karbon, mangrove juga mendukung ekowisata, pariwisata daerah, dan mampu mendukung ekonomi masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan penanaman mangrove ini. Saya sampaikan terima kasih kepada PT. PNM dan Kodim 0616 Indramayu yang telah menginisiasi kegiatan tanam pohon mangrove ini,” kata Nina.

Selanjutnya, selain penanaman mangrove di Pantai Panjiwa Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur penanaman mangrove juga harus dilakukan di kawasan lain di Kabupaten Indramayu. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan