KPK Diminta Pegiat Antikorupsi Bandung Agar Dalami Laporan dan Tindaklanjuti Dugaan Kasus Korupsi & Gratifikasi Oleh Hengki Kurniawan

  • Bagikan
Net

KABARPANTURA.id – Dugaan korupsi oleh mantan Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, harus ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum.

Hal ini diungkapkan oleh Jachja Taruna Djaja (JTD), Relawan JAGA (Jaringan Pencegahan Korupsi) menyikapi adanya laporan oleh LSM Forbat ke KPK beberapa hari lalu terkait Hengki Kurniawan.

“Apapun persoalan hidup, suatu saat akan muncul kembali. Bahkan dapat terselesaikan. Sepandai – pandainya menyembunyikan bangkai, pasti terendus jua. Itulah kondisi yang terjadi di pemerintahan KBB pada masa Hengki Kurniawan menjabat bupati.” ujar Jachja Taruna Djaja ketika dimintai pendapatnya soal laporan pengaduan LSM Forbat ke KPK beberapa hari yang lalu, Rabu 26 Juni 2024.

Jachja menilai laporan LSM Forbat tentang dugaan kasus itu dan kasus lainnya sudah beberapa kali dilakukan.

“Menurut sepengetahuan saya, banyak LSM/Ormas melakukan pelaporan ke KPK atau institusi lainnya sejak Hengki menjadi Plt. Bupati hingga selesai, seperti dugaan kasus BUMD, rotasi – mutasi yang melabrak peraturan, PT SMI, dsb,” lanjut Relawan Jaringan Pencegahan Korupsi ini.

Dugaan kasus – kasus yang muncul di KBB ini, tentu saja menimbulkan pro – kontra dan berdampak pada pelayanan publik.

“Pertanyaannya, mengada kasus – kasus yang dilaporkan ke KPK dan institusi hukum lainnya tidak berlanjut? Jangan sampai timbul asumsi, karena saat ini masa pilkada dan banyak yang ditersangkakan dianggap sebagai pesanan pesaingnya,” jelasnya.

Ditegaskannya, bahwa kondisi LSM/ Ormas yang bergerak di bidang pencegahan korupsi. Mereka murni berkegiatan, karena peduli.

“Saya harap, institusi hukum yang menerima laporan, segera menyelesaikan. Banyak teman yang siap menjadi saksi. Nah, menunggu apalagi? Periksa dan kalau perlu tangkap sekalian,” tutupnya. ***

Penulis: Rastim Kenaji
  • Bagikan