Kesiapan Mudik 2024, Polres Indramayu Gelar Ramp Check untuk Angkutan Lebaran

  • Bagikan
AKBP M. Fahri Siregar

KABARPANTURA.id – Polres Indramayu, jajaran Polda Jabar melaksanakan kegiatan Ramp Check Kesiapan Pengemudi dan Angkutan Umum Lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H., dengan didampingi oleh instansi terkait seperti Kapolsek Sindang dan Kanit Kamsel Polres Indramayu.

Dalam kegiatan Ramp Check tersebut, Polres Indramayu fokus pada kesiapan pengemudi dan kendaraan yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan serta memastikan keselamatan selama masa angkutan Lebaran.

Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar, menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang diperiksa dalam Ramp Check tersebut.

Pertama adalah kesiapan kendaraan bermotor, termasuk pemeriksaan fisik seperti lampu, klakson, shockbreaker, ban, dan lain sebagainya.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana keselamatan di dalam kendaraan, seperti pintu darurat dan alat pemecah kaca.

Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan terhadap kesiapan pengemudi, termasuk kesehatannya.

Hal ini dilakukan dengan melakukan tes urine dan pemeriksaan tekanan darah.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap surat-surat pengemudi dan kendaraan, seperti SIM, STNK, dan buku KIR.

Kegiatan Ramp Check ini merupakan salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran.

“Kami ingin memastikan bahwa angkutan umum yang digunakan selama Lebaran benar-benar dalam kondisi yang siap dan aman untuk digunakan,” ungkap Kapolres. Selasa (2/4/2024).

Lanjut disampaikannya, kegiatan Ramp Check ini merupakan bagian dari upaya Polres Indramayu.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama masa angkutan Lebaran serta dalam menjalankan Operasi Ketupat Lodaya 2024,” imbuh AKBP M. Fahri Siregar. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan