Dongkrak PAD, Bapenda Indramayu Masifkan Sosialisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

  • Bagikan
IST

KABARPANTURA.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Indramayu terus melakukan sosialisasi pajak dan retribusi daerah ke berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kecamatan, dan masyarakat Kaupaten Indramayu.

Sosialisasi ini sebagai upaya untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai kontributor untuk pembangunan di Kabupaten Indramayu. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu Nomor 1 tahun 2024 tentang pajak daerah dan retribusi daerah dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD).

Kepala Bapenda Indramayu, Ahmad Syadali mengatakan, berbagai sosialisasi yang dilakukan tersebut merupakan upaya optimalisasi pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama dalam sektor pajak.

“Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Indramayu, Ibu Nina Agustina agar sosialisasi tentang pajak daerah dan retribusi daerah terus dimasifkan. Sebagai upaya optimalisasi pencapaian target PAD dari sektor pajak,” terang Ahmad Syadali. Jumat 29/3/2024.

Syadeli menambahkan, sinergi dan kolaborasi pengelolaan pajak daerah dengan stakeholder terkait diperlukan dalam rangka akselerasi peningkatan PAD untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat.

Bersama dengan SKPD lain, Bapenda terus melakukan sinergi dan kolaborasi agar pencapaian PAD bisa maksimal. Sementara kepada masyarakat juga dimasifkan karena merupakan pembayar pajak.

“Harapan kami dari kegiatan ini adalah para wajib pajak dapat mengerti soal kewajiban pajaknya. Sehingga PAD Kabupaten Indramayu bisa meningkat signifikan untuk mendukung program pembangunan daerah mewujudkan Indramayu Bermartabat,” jelasnya.

Salah satu yang dilakukan Bapenda Kabupaten Indramayu dalam menggenjot pajak yakni kolaborasi bersama Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Indramayu II atau lebih dikenal dengan Samsat Haurgeulis.

Saat acara Gebyar Samsat Haurgeulis, beberapa waktu lalu. Tim sosialisasi dari Bapenda Kabupaten Indramayu diterjunkan langsung ke lapangan. Sembari memberikan sosialisasi secara langsung, juga dibagikan brosur dan suvenir menarik kepada para pengunjung stan. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan