Bupati Nina: Ciptakan Pilkada Kondusif, Transparan dan Akuntabel

  • Bagikan
IST

KABARPANTURA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu meluncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu tahun 2024. Berbagai tahapan ini diharapkan berjalan kondusif, transparan, dan akuntabel.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Indramayu Nina Agustina dalam sambutannya melalui Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu, Teguh Budiarso yang berlangsung di GOR Singalodra Sindang Kabupaten Indramayu, Rabu (5/6/2024).

Teguh Budiarso menambahkan, kegiatan peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Indramayu tahun 2024 ini merupakan kegiatan konsolidasi agar masyarakat menjadi lebih peduli terhadap pesta demokrasi.

Selain itu kegiatan peluncuran juga menjadi wadah untuk konsolidasi dengan para penyelenggara, ajang silaturahmi, komunikasi dan kerja sama antar instansi dan lembaga terkait.

Kemudian, dalam kesempatan yang sama Teguh juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama memelihara keamanan dan ketertiban sehingga menciptakan suasana yang kondusif.

“Partisipasi aktif dari semua pihak sangat penting untuk menentukan masa depan Indramayu. Maka dari itu, saya mengajak semua pihak yang terlibat termasuk masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pemilihan agar berjalan transparan dan akuntabel,”

“Apabila menemukan permasalahan segera kita selesaikan sedini mungkin agar kondusifitas tetap terjaga,” ungkapnya.

Sementara itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Masykur menyampaikan, angka partisipasi Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Indramayu berada pada angka 76%. Hal tersebut mengalami peningkatan dibanding pemilu pada tahun 2019 yang berada pada angka 74,5%.

Oleh karenanya, Masykur mengajak seluruh stakeholder untuk dapat menyosialisasikan Pilkada Kabupaten Indramayu Tahun 2024 secara masif.

“Alhamdulillah Pemilu kemarin di Kabupaten Indramayu berjalan dengan sukses ditandai dengan meningkatnya partisipasi pemilih serta tidak adanya sengeketa pemilu di mahkamah konsitusi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Hedi Ardia, dia mengajak seluruh stakeholder untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi guna lebih meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Peluncuran tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Turah beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Masykur, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, Ahmad Tabroni, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Hedi Ardia, Anggota KPU Republik Indonesia, serta PPK dan PPS se-Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan itu diluncurkan juga maskot dan jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu tahun 2024. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan