Bupati Nina Agustina dan IPSI Kembangkan Indramayu Sebagai Daerah Pencak Silat

  • Bagikan
IST

KABARPANTURA.id – Bupati Nina Agustina bersama Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Indramayu bertekad menjadikan Indramayu sebagai daerah Pencak Silat.

Tekad kuat tersebut terungkap ketika berlangsung Audensi Pengurus Cabang IPSI Indramayu dengan Bupati Indramayu Nina Agustina di Pendopo setempat, Kamis (4/7/2024).

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, Pencak Silat merupakan salah satu warisan leluhur Bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan. Dalam perkembangannya, seni bela diri tradisional tersebut kini menjadi olahraga prestasi yang harus ditingkatkan sehingga menjadi suatu prestise bagi Kabupaten Indramayu.

Nina menambahkan, sebagai olahraga tradisional Pencak Silat harus bisa menjangkau generasi muda terutama pelajar di Kabupaten Indramayu. Untuk itu sangat dimungkinkan Pencak Silat menjadi pilihan ekstrakurikuler di semua tingkatan sekolah.

“Selain di berbagai Perguruan, Pencak Silat juga bisa kita kembangkan sebagai ekstrakurikuler di semua tingkatan sekolah. Sehingga Indramayu menjadi daerah Pencak Silat dan melahirkan altet berprestasi,” kata Nina.

Sementara itu Ketua Pengcab IPSI Indramayu, Fajar Ismadi mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bupati Nina Agustina karena sangat peduli dengan perkembangan dan kemajuan Pencak Silat Indramayu.

Fajar menambahkan, keberpihakan Bupati Nina Agustina terhadap Pencak Silat tersebut diantaranya adalah dengan rencana menjadikan Alun-alun Puspawangi sebagai tempat latihan rutin. Kemudian menginginkan adanya ekstrakurikuler Pencak Silat di semua tingkatan sekolah.

“Alhamdulillah Bupati Nina Agustina sangat support untuk kemajuan Pencak Silat di Indramayu. Saat ini jumlah kami ribuan yang tersebar di berbagai perguruan,” ucap Fajar

Selain itu, lanjut Fajar, untuk menaikkan prestasi Pencak Silat pada Porprov mendatang, pada bulan Agustus nanti akan digelar Bupati Cup sebagai ajang untuk mencari atlet Pencak Silat unggul dari Kabupaten Indramayu.

“Atas arahan dan bimbingan Bupati Nina Agustina, jika pada tahun-tahun sebelumnya prestasi kita ada di bawah, namun pada Porprov terakhir kita berada di posisi ke enam. Ini prestasi sangat luar biasa,” kata Fajar. (Rastim Kenaji) ***

  • Bagikan